cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an Sarnoto, Ahmad Zain
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, yang ingin dicari adalah bagaimana konsepsi (pengertian, pendapat,rancangan) Al-Qur’an tentang profil pendidik (guru/dosen) dalam proses Pendidikan, hadirnya sosok pendidik berpangaruh dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. pendidik yang professional adalah mereka yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial. Islam sebagai agama yang sempurna dengan kitab sucinya Al-Qur’an telah memberikan banyak petunjuk arah dalam kehidupan, tidak saja sebagai pedoman bagaimana cara beribadah, namun Al-Qur’an juga hadir memberikan arah petunjuk bagaimana menjalankan proses Pendidikan dengan daya dukung pendidik (guru/dosen). Dalam Al-Qur’an terdapat beberapa isyarat yang memberikan gambaran tentang sosok pendidik yang ideal dan professional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan mengambil rujukan beberapa kitab tafsir. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa sosok pendidik prosesional dalam Al-Qur’an terdapat dalam beberapa surat pada ayat-ayatnya yang memberikan gambaran pendidik yang ideal dan professional perspektif Al-Qur’an
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA DENGAN UNSUR 5W+1H MELALUI METODE COOPERATIVE INTERGRETED READING COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-3 SMP NEGERI 39 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN Musinah
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian tindakan kelas adalah masih rendahnya hasil dan minat belajar peserta didik kelas VIII-3 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bahasan menemukan pokok-pokok berita Pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik itu pada hasil maupun prosesnya. Penerapan metode cooperative integreted reading composition (CIRC) dianggap sesuai untuk engatasi permasalahan tersebut, Karena pada pembelajaran ini peserta didik ikut berperan aktif dalam kelompok dan mampu manyampaikan pendapat-pendapatnya serta mempresentasikan hasil kegiatan diskusi tanpa ada rasa takut. Penelitain ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitain dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Setelah diberikan pemblajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC), hasil dan motivasi belajar peserta didik, hasil dan motivasi peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, yakni dari hasil belajar rata-rata pada sikus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 80% (ada kenaikan sebesar 15 point), ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II menigkat 64,3% yaitu 30% pada siklus I menjadi 94,3% pada siklus II. Minat belajar peserta didik dari prasiklus ke pascasiklus juga mengalami peningkatan yang diikuti dengan peningkatan tanggapan peserta didik menyenangi pebelajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC) sebesar 26,29 point, yaitu pada prasiklus 65,14% meningkat menjadi 91,43% pada pascasiklus
MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER 2 MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PERILAKU ATTENDING DI SMK NEGERI 52 JAKARTA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Tri Hartini
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan kelas yang direncanakan dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa SMKN 52 di Jakarta Timur yang terdiri dari 40 orang siswa. Tujuan teoritik penelitia tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik konseling Eklektif dengan penbdekatan attending dalam peningkatan semangat belajar, tanggung jawab siswa sebagai pelajar, mengentaskan permasalahan belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan guru untuk membimbing siswa pada SMKN 52 Jakarta Timur Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adapun Model proses yang digunakan dalam PTK ini adalah Model Proses Siklus (Putaran/Spiral) yang mengacu pada model PTK Kemmis S, dan Mc. Taggert R yang dikutip oleh Arikunto. Adapun rancangan siklus penelitian memiliki empat tahapan kegiatan pada setiap siklusnya, yaitu (1) membuat rencana tindakan, (2) melaksanakan tindakan, (3) mengadakan pemantauan/observasi, (4) memberikan refleksi dan evaluasi untuk memperoleh sejauh mana pencapaian hasil yang diharapkan kemudian direvisi untuk melaksanakan tindakan pada siklus berikutnya (Suharsimi,2006:74). Hasil pengumpulan data, analisis data, pemeriksaan keabsahan data yang diperoleh peneliti dan guru selaku konselor melalui ketekunan pengamanan, perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi, dan reviem informan sebagai kunci (Moelong, 1995) dalam penelitian tindakan kelas siklus I, II, dan III yang dipergunakan peneliti dan guru untuk mengambil keputusan. Maka dari hasil analisis data; Hasil Observasi Kegiatan Guru dan Data Hasil Observasi Kepribadian Klien pada situs I, II, dan III diperoleh hasil 30,83 presikat kurang sekali, siklus II = 41,66 predikat kurang dan pada siklus III = 61,66 predikat sedang/cukup baik. Bimbingan Konseling terhadap tiga siswa X, Y, dan Z yang bermasalah tidak berhenti pada siklus III, tetapi masih berkelanjutan melalui upaya attending konselor selaku guru, juga peneliti sekaligus sebagai kepala sekolah memantau terus perkembangan tingkah laku klien agar klien lebih mantap untuk bertindak positif
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI BAGI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN TO GET THINGS DONE SISWA KELAS VII SEMESTER I SMPN 245 SSN JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Joko Suramto
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Harus kita akui bahwa faktor guru merupakan kunci keberhasilan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan, betapapun faktor-faktor lainnya itu dapat kita sediakan sebagaimana mestinya. Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan membawa akibat terhadap guru-guru yang ada sekarang. Perubahan-perubahan yang menjadi akibat pembaharuan kurikulum, penggunaan buku pelajaran baru, alat pelajaran baru dan proses belajar mengajar baru yang disarankan dalam kurikulum baru itu memerlukan penyesuaian-penyesuain terhadap guru-guru yang ada sekarang, baik dalam hal materi pengajaran, metode dan teknik mengajar, maupun sikap mengajaranya yang serasi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a)Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris dengan diterapkannya strategi pembelajaran metode demontrasi? (b) Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran metode demontrasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris? Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran metode demontrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII- 1 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 130 JAKARTA TAHUN 2011 Marlini
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi penggunaan model pembelajaran kooperatif type JIGSAW secara efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris, khususnya tentang materi reading. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus – Oktober 2011 di SMP Negeri 130 Jakarta Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 35 orang yang terdiri darilaki-laki 11 orang dan perempuan 24 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Intrumen yang digunakan pada pada penelitian ini adalah lembar tes siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 130 Jakarta, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus sebanyak dua kali pertemuan. Sebelum melanjutkan pada siklus 1 dan siklus ke 2 dilakukan terlebih dahulu Pra PTK dengan hasil nilai rata-rata 58,86 atau ketuntasan hanya mencapai 42,86%, dan pada pertemuan kedua atau pada siklus 1 nilai rata-rata mencapai 66 dengan ketuntasan mencapai 62,86%. Hasil penelitian telah mencapai indikator yang diharapkan pada siklus kedua, yaitu nilai rata-rata hasil post test siswa 71,14, jumlah siswa yang mencapai KKM 94,28 %, hasil tersebut diperoleh dengan menggunakan strategi sebagai berikut. Mengajukan pertanyaan awal pada siswa dari tiap kelompok. Meningkatkan frekwensi tanya jawab pada saat pemantauan. Menilai keaktifan siswa dan memberi tahu hasilnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan prosedur metode penggunaan model pembelajaran kooperatif type JIGSAW dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue